Google+ Icon Instagram Icon

Cara membuat bean bag

Membuat Bean Bag dengan Mudah



Bean bag, tentu sudah tidak asing lagi bagi Anda pecinta sofa. Tempat duduk unik yang satu ini memiliki bentuk yang serupa dengan kasur besar. Yang menjadi ciri khasnya adalah dudukannya yang sangat empuk. Tak heran banyak orang yang menyukainya sebagai tempat untuk  bersantai bahkan bermalas-malasan. Jadi tak salah jika saat ini banyak orang yang ingin mengetahui cara membuat bean bag sendiri.
Bean bag merupakan salah satu jenis sofa empuk yang sangat pas ditempatkan pada kamar tidur maupun kamar keluarga. Untuk mendapatkannya pun sangatlah mudah, karena ada banyak penjual online yang menyediakannya. Hal ini tentu tak lain karena proses pembuatannya yang semakin mudah saja.
Jika perlu, Anda bisa membuatnya sendiri dalam kurun waktu yang lumayan singkat. Lantas seperti apa sih proses pembuatan bean bag tersebut? Simak cara membuat bean bag di bawah ini.

Ketahui Cara Membuat Bean Bag Sendiri dengan Mudah


Sebelum mengetahui mengetahui cara membuat bean bag sendiri, pastikan Anda telah menemukan jenis kain yang pas sesuai dengan selera. Saat ini pun ada banyak jenis kain yang bisa Anda jadikan pilihan. Ini tak lain karena kain merupakan salah satu material yang cukup fungsional dalam berbagai keperluan, seperti sofa maupun dudukan.
Adapun jenis kain yang bisa Anda pilih adalah kain yang terbuat dari bulu atau kulit binatang, hingga kain yang berasal dari serat tanaman. Yang paling penting adalah Anda bisa memastikan bahwa jenis kain yang digunakan tersebut bukan dari kain sintetis atau buatan.
Sebagai rekomendasinya Anda bisa memilih kain type polyester, kulit, ataupun oscar. Hal ini lantaran type kain tersebut anti bakteri dan juga tahan air. Sebagai pembalut, menggunakan beberapa jenis kain dari kursi dudukan ini tentu akan jauh lebih awet. Namun Anda tetap bisa memilihnya sesuai dengan selera, jangan lupa untuk memilih kain yang bermotif agar terkesan lebih ceria.
Sudah terpilih jenis kainnya, langkah selanjutnya adalah mengetahui cara membuat bean bag sendiri.

Langkah-langkah cara membuat bean bag tersebut diantaranya :

  1. Siapkan dua lembar kain dengan ukuran yang sesuai keperluan.
  2. Kemudian ukur kain yang telah disediakan dengan panjang sekitar 115 cm dan lebar 82 cm. Jika untuk orang dewasa maka Anda bisa membuatnya lebih panjang sekitar 150 cm atau lebih.
  3. Cara membuat bean bag selanjutnya yakni menyiapkan isian dari bean bag yakni styrofoam ataupun busa. Anda bisa mendapatkannya pada beberapa toko konveksi ataupun pusat  penjualan handicraft.
  4. Jika ingin menghemat pengeluaran maka Anda bisa menyatukan beberapa potongan sisa Styrofoam dari kulkas, tv, magicom, dan lain seabaginya hingga menjadi butiran-butiran yang lebih kecil. Anda bisa menyediakannya sekitar 1 kg saja.
  5. Cara membuat bean bag selanjutnya jika Anda ingin menambahkan resleting agar suatu saat nanti bisa menambah isian maka jangan lupa untuk menyediakan juga seutas resleting dengan panjang kurang lebih 55 cm.
  6. Sebagai informasi bahwa sebenarnya bean bag akan berkurang isiannya sesuai dengan lama pengguaannya.
  7. Cara membuat bean bag selanjutnya siapkan benang seperlunya untuk menjahit kain dari bean bag.
  8. Langkah menjahitnya pun tidak boleh asal-asalan. Cara membuat bean bag bisa mulai dengan menumpuk kain hingga sama-sama bertemu kemudian buat pola garis lurus sepanjang 115 cm. Jika sudah jahit pinggiran kain sesuai pola. Kemudian obras bagian pinggir agar tahan lama.
  9. Kemudian lipat setiap ujung jahitan menjadi setengah sisi. Awali dari yang paling ujung jahitan, lalu ambil jarak kurang lebih 15 cm dan gunting melengkung ke arah atas.
  10. Jika sudah buka lipatan kain tersebut sehingga akan membuat lengkungan simetris di setiap sisinya kemudian jahit.
  11. Pada segi yang satunya, jahit resleting di dalam, dan tutup sisa ruang yang tidak terjangkau menggunakan resleting tersebut.
  12. Selanjutnya balik kainnya sehingga styrofoam sudah siap untuk diisi penuh ke dalam bean bag tersebut.
  13. Terakhir, bean bag karya Anda sendiri sudah siap digunakan. Anda bisa mendudukinya dengan beragam posisi yang nantinya bean beg akan mengikuti  bentuk badan. Jadi bukan hanya tempat untuk duduk, Anda bahkan bisa merebahkan tubuh.
Mudah bukan cara membuat bean bag sendiri di atas? Namu jika anda ingin memiliki event dan memerlukan bean bag pastikan sewa bean bag saja,dikarenakan lebih efesien .Memiliki bean bag tentu suatu hal yang meyenangkan. Terlebih Anda bisa membuatnya sendiri melalui cara membuat bean bag yang telah di ulas di atas. Setelah lelah beraktivitas seharian di luar rumah maka Anda bisa langsung menuju dudukan nyaman dan empuk tersebut. Ya, bean bag kini bisa Anda gunakan untuk berbaring melepas lelah. Namun setelah memilikinya jangan lupa untuk mengetahui juga cara merawatnya seperti berikut!

Cara Merawat Bean Bag dengan Tepat



Keistimewaan bean bag yang sangat disukai oleh setiap penggunanya adalah tidak adanya rangka. Dengan material di dalamnya yang empuk tentu akan menambah kenyamanan tersendiri bagi setiap pemakainya. Anda bisa memakainya bahkan bersama si kecil untuk duduk santai atau bahkan berbaring. Tentu rasanya yang empuk akan membuat Anda enggan untuk beranjak pergi.
Untuk itu, jangan lupakan bagaimana cara merawatnya bean bag dengan benar. Anda bisa merawatnya dengan menerapkan beberapa langkah yang telah dijelaskan di bawah ini.
  1. Cegah benda-benda yang memungkinkan bean bag menjadi kotor.
  2. Jika Anda memiliki balita maka akan lebih baik jika memilih bahan kain non-beludru sehingga dapat mengantisipasi bean bag agar tidak mudah kotor.
  3. Jika Anda ingin meletakkan bean bag di luar ruangan maka usahakan untuk tidak menempatkannya di bawah sinar matahari secara langsung. Ini tak lain agar warna dari kainnya tidak mudah memudar.
  4. Namun jika Anda membutuhkan bean bag yang harus terkena sinar matahari secara langsung maka Anda bisa menyesuaikan jenis kainnya yang tepat.
  5. Untuk membersihkannya sikatlah bagian yang kotor.
  6. Kemudian gunakan sabun cair lembut dengan air hangat dan mulai bersihkan secara perlahan.
  7. Jika sudah maka bilaslah dengan lap basah atau biarkan saja bean bag mengering dengan alami.



Bean bag memang sangat nyaman digunakan baik oleh anak kecil hingga orang dewasa. Sehingga gunakan beberapa tips di atas agar bean bag tidak mudah kotor ataupun berubah bentuknya. Dengan begitu saat menggunakannya pun Anda akan merasakan kenyamanan dan ketenangan tersendiri yang memang jarang ditemukan pada jenis sofa-sofa yang lainnya.
Jika Anda sudah memakai bean bag dalam waktu lama maka jangan heran jika bean bag yang Anda miliki kini mulai berubah bentuk. Langkah yang perlu Anda lakukan sederhana saja. Anda bisa mulai mengisikannya kembali menggunakan busa ataupun styrofoam sesuai selera masing-masing. Ini tak lain agar bean bag bisa kembali nyaman untuk digunakan seperti sedia kala.
Tunggu apalagi, kini Anda bisa menikmati kenyamanan bean bag tanpa perlu membelinya dengan harga yang mahal. Cara membuat bean bag di atas sangat mudah diterapkan sendiri di rumah.

Namun kami juga sewa bean bag dengan harga terjangkau Rp.65.000/unit